Macam Macam Kambing Aqiqah

 

Macam Macam Kambing Aqiqah

1.Kambing Aqiqah

Banyaknya para peternak kambing dan domba di Indonesia mendatangkan keuntungan berlipat-lipat ketika musim qurban tepatnya pada hari raya idul adha. Pada saat musim qurban inilah para pembeli, yang akan melaksanakan qurban akan berlomba membeli dan memilih kambing atau domba terbaik untuk kesempurnaan ibadah.

Namun diluar musim qurban , para peternak juga tetap mendapat keuntungan dengan adanya kebutuhan daging kambing untuk aqiqah dengan berbagai jenis kambing untuk aqiqah. Rizki telah ada yang ngatur untuk kita para hambaNya yang tetap berusaha tanpa kenal lelah dan putus asa.

Berikut ini beberapa jenis kambing yang cocok untuk aqiqah yang banyak terdapat di Negara kita Indonesia antara lain yaitu :

JENIS KAMBING KACANG

Kambing kacang ini, termasuk kambing local, yang berasal dari Negara kita Indonesia. Kambing kacang tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Ciri-ciri kambing kacang yaitu memiliki badan yang kecil dan ringan, telinga pendek, punggung meninggi dan leher berukuran pendek.

Kambing kacang betina dan jantan memiliki tanduk dengan ketinggian badan betina dewasa sekitar 56 cm. Ketinggian badan kambing jantan dewasa yaitu memiliki ketinggian 60–65 cm, bobot kambing dewasa betina sekitar 25 Kg dan kambing jantan dapat mencapai ketinggian 30 Kg.Pada umumnya warna kambing kacang adalah berwarna hitam, putih dan coklat atau kombinasi dari tiga warna tersebut. Memiliki bulu yang pendek di seluruh tubuhnya kecuali pada bagian ekor dan dagu.

JENIS KAMBING ETAWA

Kambing etawa adalah salah satu kambing yang di datangkan dari Negara india. Kambing Etawa merupakan salah satu juga kambing penghasil susu dan termasuk kambing pedaging. Ciri-ciri dari kambing etawa ini adalah memiliki tubuh kambing yang relatif besar dengan tinggi kambing etawa tersebut 90–130 cm untuk jantan dan yang kambing etawa betina sekitar 92 cm.

Berat dari kambing etawa dapat mencapai 100 Kg untuk yang jantan, sedangkan untuk kambing etawa betina dapat mencapai berat hingga 63 Kg. Kambing etawa juga memiliki ciri khas tersendiri yaitu memiliki telinga yang terkulai ke bawah dan panjang. Kambing etawa memiliki tanduk pendek baik untuk jantan maupun betina dan jenis kambing ini mampu menghasilkan susu hingga 3 liter setiap harinya.

Jadi bagi anda yang akan melaksanakan aqiqah, jangan bingung lagi, karena di Indonesia banyak jenis-jenis kambing untuk aqiqah, salah satunya yaitu kambing etawa. Kambing ini bisa dijadikan sebagai sembelihan untuk aqiqah maupun qurban. Kambing ini memiliki harga tertinggi dibandingkan dengan jenis kambing lainnya.

JENIS KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE)

Jenis kambing untuk aqiqah selain kambing etawa adalah kambing peranakan etawa yang merupakan hasil persilangan dari kambing etawa yang berasal dari india dengan kambing lokal atau kambing kacang kemudian menghasilkan kambing jenis peranakan etawa atau biasa disebut kambing PE. Jenis kambing PE juga tersebar hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

Kambing PE mempunyai kemiripan dengan kambing etawa namun ukurannya lebih kecil dibanding kambing etawa. Kambing PE memiliki keuntungan besar sebagai penghasil daging dan penghasil susu.

Ciri-ciri dari kambing PE adalah telinganya yang panjang dan terkulai lemas, warn bulunya coklat muda hingga kehitaman. Berat kambing jenis kambing peternakan ini untuk yang betina kurang lebih 35 Kg dan yang kambing jantan kurang lebih 40 Kg. Tinggi pundaknya dapat mencapai panjang 100 cm.

JENIS KAMBING GIBAS

Jenis kambng gibas ini yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk sembelihan qurban maupun aqiqah.

2. Bisnis Aqiqah

Memulai sebuah usaha aqiqah dengan modal kecil merupakan salah satu jenis usaha yang cukup baik, dan cukup menguntungkan. Usaha ini juga termasuk jenis usaha mikro kecil dan menengah sangat potensial untuk dijalankan di Negara indonesia. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dengan warga penduduk yang mayoritas muslim, maka peluang untuk kesuksesan usaha ini cukup besar. Aqiqah merupakan salah satu bentuk rasa syukur bagi para muslim yang mendapatkan kelahiran bayi. Aqiqah dilakukan dengan mengorbankan hewan berupa kambing. Ketentuan yang di tetapkan untuk anak perempuan satu ekor kambing, dan bagi anak laki-laki maka diperintahkan untuk menyenblih kambing sebanyak 2 ekor kambing.

Dalam hukum islam aqiqah bukan merupakan sebuah kewajiban namun sangat dianjurkan atau biasa dikenal dengan hukumnya sunna muakkad. Aqiqah adalah sebagai bentuk rasa syukur kita sebagai orang tua atau kita sebagai manusia kepada allah swt atas pemberian rezeki berupa buah hati. Daging aqiqah biasanya di masak dalam bentuk sate dan gulai kambing, yang kemudian di bagikan kepada tetangga atau kerabat. Bagi sebagian orang apalagi yang berada diperkotaan tentu tidak mau ambil pusing untuk mengolah dan memasak daging aqiqah sendiri mereka lebih suka memesan di tempat usaha kambing aqiqah atau pada tempat katring. Tentunya cara ini dianggap paling praktis dan mudah serta tidak mengahalangi dan tidak menghilangkan dari tuntunan dari ajaran agama islam, dan tentunya masih dalam syari’at agama islam sesuai dengan tutunan Nabi SAW.

Ada 7 cara memulai usaha aqiqah dengan modal kecil, antara lain yaitu:

a. Niat Memulai Usaha dan Pengetahuan Tentang Aqiqah

Niat merupakan hal yang paling utama dalam memulai sebuah usaha, terutama aqiqah. Tanpa didahului niat yang sungguh sungguh, bisa jadi usaha anda hanya menjadi angan angan belaka. Jika anda telah memiliki niat maka segera lakukan langkah langkah untuk bisa memulai usaha ini. Dengan masih terbuka peluang dan potensial usaha ini maka niat anda tentu harus segera direalisasikan. Selain itu, aqiqah bukan merupakan tradisi biasa, didalamnya terdapat syarat dan syariat islam yang harus dipenuhi. Oleh karenanya tentu anda harus mengetahui hal ini agar tidak ada kesalahan saat anda mulai membuka usaha. Dalam hal ini anda bisa belajar melalui pemuka agama untuk mengetahui segala hal yang berkaitan dengan aqiqah, supaya para pelanggan anda nanti percaya kepada anda.

b.Menyiapkan Modal Usaha

Modal juga merupakan hal yang paling penting dalam memulai sebuah usaha. Modal yang dibutuhkan dalam usaha ini relatif cukup besar tentu tidak seperti cara memulai usaha angkringan yang memiliki modal kecil. Namun,tentunya hal itu akan sebanding dengan keuntungan yang nanti akan di peroleh oleh anda, dari sebuah usaha yang sedang anda jalani. Jika anda belum memiliki modal yang cukup sepertinya hal ini bukan menjadi kendala. Mengapa? Karena ada berbagai cara untuk bisa memperoleh tambahan modal. Semisal anda melakukan pinjaman ke koperasi atau anda bisa mengajak rekanan untuk bisa membuka usaha ini secara bersama. Tentu dengan cara ini akan lebih mempermudah anda dalam mengembangkan bisnis.

c. Lokasi yang Strategis

Lokasi usaha akan sangat berpengaruh untuk anda menentukan dalam keberlangsungan usaha anda. Banyak usaha yang tidak bisa berkembang dan maju karena kesalahan dalam memiliki lokasi usaha. Beberapa kriteria lokasi usaha yang cocok untuk usaha

d. Kerjasama dengan Petani atau Makelar Bibit Kambing yang Bagus

Pada dasarnya dalam usaha ini anda bisa memulai dengan modal kecil yaitu sekitar dibawah 10 juta. Bagaimana caranya? Mudah saja anda cukup membeli beberapa kambing anakan yang akan anda besarkan. Harga kambing anakan tentu akan lebih murah. Selain ini hanya butuh waktu beberapa bulan kedepan sampai kambing siap menjadi hewan aqiqah. Harga kambing anakan yang lebih murah bisa anda dapatkan dari petani kambing langsung atau jalin kerjasama dengan makelar kambing di daerah anda. Dengan begitu maka anda tidak akan kehabisan stok anakan kambing.

e. Karyawan

Salah satu hal terpenting dalam usaha adalah adanya bantuan dari jasa sang karyawan. Anda tidak mungkin bisa melakukan segala hal sendiri. Tentu anda membutuhkan bantuan orang lain yaitu karyawan yang tentunya akan mempermudah pekerjaan anda. Ada dua tipe karyawan yang harus anda rekrut yakni karyawan office dan karyawan lapangan. Karyawan office akan mengurus segala keperluan dan segala bentuk operasional kantor anda. Sedangkan karyawan lapangan memiliki tugas dalam mengurus hewan hewan aqiqah yang sedang anda jalankan. Karena akan sangat merugikan saat hewan hewan anda tumbuh kurus dan sakit. Tentunya tidak akan menarik di mata para calon konsumen, dahkan anda bisa jatuh dalam menjalankan usaha tersebut.

f. Usaha Hewan Aqiqah dan Katering Aqiqah Bisa

Jika anda merasa bahwa usaha katering aqiqah anda sudah lumayan memberi pendapatan, mengapa anda tidak memperluas bidang usaha anda. Anda juga bisa menyediakan katering aqiqah sehingga konsumen tidak perlu lagi repot repot mengolah daging aqiqah. Tentunya untuk bisa menggabungkan usaha ini anda harus merekrut juru masak yang enak untuk membantu usaha anda jadi lebih berkembang dan maju. Sehingga nantinya usaha aqiqah anda lebih dikenal dan direkomendasikan oleh para pelanggan anda. Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan para memiliki warung makan untuk mengolah daging aqiqah anda

g. Strategi Promosi

Strategi promosi akan membantu anda dalam mempromosikan usaha anda di mata publik. Ada banyak sekali sarana promosi seperti memasang banner, menyebarkan brosur atau promosi melalui media social atau secara online. Namun, promosi yang paling ampuh adalah promosi yang datang dari mulut ke mulut. Anda bisa memulai dari orang orang terdekat untuk mulai mempromosikannya. Saat mereka menerima tawaran anda maka mereka akan membantu menyebarkan usaha anda kepada rekan rekan anda yang memeprlukan jasa usaha anda. Buat promosi seunik dan semenarik mungkin untuk menari minat calon konsumen.

Aqiqah Nurul Hayat 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paket Aqiqah Cimahi Terbaru

Boarding School

Rumah Sidoarjo Terbaik