Rumah Sidoarjo Terbaik

 KETAN HITAM MAMPU MENGGUGAH SELERA LIDAHKU

Assalamualaikum.. Para Sobat Sekalian semoga di akhir pekan ini Allah Selalu limpahkan kesehatan ya buat kita semua untuk aktivitas yang kita lakukan dari pagi hingga petang lagi  Aamiin,,yang nota bene kerjaan dikantor menanti untuk dikerjakan karena mau penutupan Hihihi

Mau sedikit sharing nich, mengenai ketan hitam kog sampe sekarang saya suka sekali dg namanya ketan hitam,,berawal dari hamil anak pertama insyaallah sekitar 9 tahun yang lalu,,wow lama banget ya sobat hehehe iya dulu waktu masih anak anak sampe kuliah yo gak begitu suka sich yang namanya ketan hitam,,yang namanya nyidam sukanya aneh aneh pengen inilah itulah wis biasa maklum karena terbawa si dedek di perut masih penyesuaian dg morning sickness.Pada waktu hamil anak pertama umur 5 bulanan mungkin masih inget waktu itu malam malam saya bilang ke suami minta dibelikan bubur ketan hitam,karena lagi kepengen ya suami langsung meng iyakan permintaan saya ..takut dedekny nanti bisa ngilleerr dech kalau ga diturutin hahaha..suami dengan sigab langsung ambil kunci motor dan berangkat dech ke penjual bubur ketan alhamdulilah tempatnya ga jauh dari rumah cuman 10 menitan didaerah tropodo. Alhamdulilah ketemu dengan bubur ketan suami dateng langsung saya santap dan bisa habis sobat ga bersisa heheehe

Sampa akhirnya tiap beberapa minggu pasti minta dibelikan aneka olahan ketan hitam hingga  si dedek lahir ke dunia,,sempat ada jandaan juga dari mertua kalau suka ketan hitam nanti anaknya jadi hitam lho? Guyonannya seperti itu saya dan suami ikut tertawa juga. Hingga saat ini saya sudah punya dua anak masih saja suka dengan namanya ketan hitam. Yang paling saya kangenin nich kalau mudik yaa ini ibu saya selalu membuatkan special untuk saya namanya jajan madu mongso rasanya enak banget dan buatnya agak susah butuh waktu dan tenaga ekstra hihihi.Karena ibu saya buat dg penuh cinta dan iklas jadilah madu monggo yg bisa membuat lidah saya tidak berhenti untuk mengunyahnya sampe sampe kemarin saya,kakak dan bapak ikut bantuin memasak ketannya..dan dibungkus dengan plastic nan cantik dan sedap di pandang. Alhamdulilah minggu kemarin mudik juga bawa ke Surabaya untuk dikasihkan oleh oleh untuk teman teman kantor saya dan suami, Kebanyakan suka banget dengan jajan ini saya bawa satu toples dalam waktu tidak sampe 1 jam langsung ludes sobat,kata temen temen enak banget rasanya beda dengan kalau beli di toko took lain,  iya ya lah gumam saya buatan ibu saya tidak ada duanya selain hemat juga bisa menyesuaikan rasanya juga hehehe…

 

Jawa Timur punya banyak jajanan khas dengan rasa manis. Camilan yang terbuat dari ketan hitam itu berasal dari Ponorogo.

Rasanya tidak hanya manis, tapi juga ada sensasi asam dari ketan hitam yang diolah menjadi tape melalui proses fermentasi. Kini, madu mongso semakin susah ditemukan alias langka.. Bahan-bahannya mudah didapat, kok. Simak resep dan cara membuatnya di bawah ini ya! Selamat mencoba Teman Teman 

 

Bahan utama:

1,5 kg tape ketan hitam

1 liter santan dari kelapa

300 gram gula Jawa

2 lembar daun pandan

Daun pisang secukupnya

Bahan pelengkap:

Plastik atau kertas minyak


1. Tiriskan tape ketan hingga tidak mengeluarkan air, sisihkan sebentar.

2. Rebus santan bersama daun pandan hingga kental dan sedikit berminyak. Masukkan pula gula Jawa, aduk hingga merata.

3. Masukkan tape ketan hitam, aduk sampai mengental dan tercampur. Gunakan api berukuran kecil saja, lalu angkat.

4. Tuang adonan ke dalam tempat yang sudah diberi alas plastik atau daun pisang. Ratakan dan dinginkan terlebih dulu.

5. Jika sudah dingin, ambil adonan dengan takaran sesendok makan untuk dibungkus. Bungkus dengan kertas minyak atau plastik.


  • Ukuran tanah : 90 m3
  • Ukuran Bangunan : 36 m3
  • Kamar Tidur : 2
  • Kamar Mandi : 1
  • Ruang keluarga : 1
  • Dapur : 1
  • Garasi : 1
  • Taman depan : 1
  • Unit Ready siap Huni

FREE: BPHTB, AJB, BBN, KPR, SHM

Angsuran hanya 2 jutaan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paket Aqiqah Cimahi Terbaru

Boarding School